Selasa, 25 April 2017

Proaktif atau Reaktif

Proaktif dan Reaktif

Sebagian dari kita mungkin susah untuk bersikap proaktif jadi saya akan menjelaskan di sini tentang proaktif dan juga musuh bebuyutannya yaitu si reaktif, dan di manakah sikap kita saat mendapat masalah dan juga menanggapi suatu masalah yang datang kepada kita?


Ciri orang yang bersikap Proaktif :

1. Tidak Mudah Tersinggung
2. Bertanggung Jawab
3. Berpikir Sebelum Bertindak






Ciri orang yang bersikap Reaktif :

1. Mudah tersinggung
2. Menyalahkan orang lain
3. Mudah marah dan mengeluh





Paling gampang adalah menganalisa diri kita sendiri, kita termasuk orang yang proaktif atau reaktif ?

dan kalau pertanyaan itu di tanyakan ke saya maka jawabannya adalah saya sekarang ini masih lebih banyak sikap Reaktif daripada Proaktif... hehehe.

Contoh masing-masing 1 aja kalau kebanyakan nanti Reaktifnya bisa panjangg bangett .. haha

Kenapa saya bisa bilang seperti itu, terkadang saya sangat reaktif, contoh sedang di jalan mau pergi kerja dan banyak orang yang mengendarai kendaraan nya dengan ceroboh. dan mengenai atau hampir pasti saya langsung kesal dan ngatain orang itu hohoho... yaa namanya juga emosi dan di kejar waktu ( Reaktif banget mas bro ) .

Kalo Proaktif pada saat di kantor ada masalah pada pekerjaan, saya di ajarin oleh atasan saya untuk selalu mencari jalan keluar dan beberapa pemikiran atau skema pada saat mau mengambil suatu keputusan agar masalah tersebut dapat selesai dengan sebaik baiknya.


Observasi terhadap orang paling dekat, pemimpin di kantor yaa saya bisa bilang dy masih 60:40 antara Proaktif dan Reaktif, kenapa saya bisa menilai 60 : 40 karena saya dekat sebatas teman kerja dan saya tidak terlalu tau tentang kepribadian dari atasan saya. yaa hanya sebatas tentang pekerjaan.

 Kadang dia membawa masalah pribadi ikut ke dalam pekerjaan, jadi itu kesalahan dia tetapi saya yang kena...so sadd :(

Tapi untuk memecahkan suatu masalah dia tipe orang yang sangat Proaktif dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah - masalah yang ada.































Jadi, Apakah anda termasuk orang yang Proaktif atau Reaktif ? ;) 


God Bless You . 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar